Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Dokumen Dan Mengatur Halaman di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang populer. Anda dapat mengetik, menghapus tulisan, menyisipkan tulisan, memindahkan tulisan dengan cara yang jauh lebih mudah daripada anda menggunakan mesin tik.

Membuat dokumen dan setting kertas di ms. word

Dalam kesempatan ini saya akan membagikan cara yang saya gunakan untuk membuat dokumen baru di microsoft word dan mengatur kertas atau halaman kerja di microsoft word.

Cara Membuat Dokumen Baru

Untuk membuat dokumen baru di microsoft word dapat dilakukan dengan cukup membuka aplikasi Microsoft Word saja. Otomatis akan muncul sebuah blank document. Atau, kalau kita sedang dalam proses mengerjakan sebuah file ms. word, lalu akan membuka sebuah file word yang baru anda cukup menekan Ctrl + N.

Cara Mengatur Halaman

Kebanyakan dari pengguna microsoft word yang saya temui sering lupa atau mengacuhkan langkah ini dalam membuat dokumen di ms. word. Menurut saya seting halaman kertas atau lembar kerja Microsoft Word ini sangat penting jika ingin hasilnya dicetak melalui printer. Oleh sebab itu saya menuliskan cara mengatur halaman di ms word dalam postingan kali ini.

Saya akan memberikan contoh 2 hal yang umum diatur dalam pengaturan halaman di microsoft word yaitu pengaturan margins, pengaturan ukuran kertas / paper. Agar lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini. ( untuk memperjelas gambar silahkan click gambar tersebut ).

pengaturan margin dan paper microsoft word

Mengatur Margins

Pengaturan margin bertujuan untuk mengatur batas tulisan dengan tepi-tepi kertas. Pengaturan tersebut diantaranya :
  1. Top : mengatur batas atas dengan karakter paling atas
  2. Left : mengatur batas kiri dengan karakter paling kiri
  3. Bottom : mengatur batas bawah dengan karakter paling bawah
  4. Right : mengattur batas kanan dengan karakter paling kanan
  5. Gutter : digunakan untuk pengaturan batas penjilidan
  6. Gutter Position : penjilidan bagian kiri atau atas
  7. Orientation : orientasi halaman apakah lanscape atau portrait
  8. Multiple Pages : jenis halaman (normal, mirror margin , 2 pages per sheet , book fold, 

Pengaturan Kertas / Paper

Pengaturan ini terdiri dari pengaturan ukuran kertas (paper size) dan pengaturan sumber kertas (paper source). Ukuran kertas dapat diatus sesuai dengan pilihan ukuran kertas yang ada, meski begitu kita dapat menginputkan atau mengisi ukuran kertas sesuai dengan ukuran yang kita gunakan yaitu width untuk lebar dan height untuk tinggi kertas.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan tentang Membuat Dokumen Dan Mengatur Halaman di Microsoft Word semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua yang membutuhkan. Nantikan artikel - artikel lain tentang microsoft word di blog ini selanjutnya.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Membuat Dokumen Dan Mengatur Halaman di Microsoft Word"