Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Domain .ID Sebagai Identitas Blog

Domain Sebagai Identitas Blog

Secara umum, nama domain terdiri dari dua jenis, yaitu Generic Domains (gTLDs) dan Country-Specific Domains (ccTLDs). Country-Specific Top Level Domain (CCTLD) >> Digunakan untuk ekstensi domain sebuah negara contohnya seperti .id, .in, .my, .sg, .us, .tv, .uk dsb

Fungsi domain secara umum merupakan alat untuk mengidentifikasi website / blog. Dengan demikian, Anda menjadi lebih mudah mengingat alamat website tersebut dibanding harus mengetikan deretan angka-angka rumit yang disebut "ip address".

domain id
domain id

Selain sebagai alamat yang memudahkan orang menemukan blog kita, domain berfungsi sebagai identitas blog dan juga brand kita. Domain .ID menjadi pilihan kita sebagai warga Indonesia karena hal ini lebih spesifik menunjukkan lokasi kita.

Jika kita seorang blogger yang sedang memulai ngeblog alangkah baiknya jika memikirkan identitas blog kita yang akan kita bangun.

Nama yang mudah diingat dan juga familiar dan juga sesuai dengan isi blog menjadi hal penting dalam membangun sebuah branding secara online. 

Baik menggunakan blog atau platform lain identitas sangat perlu bagi kita untuk membangun sebuah brand yang dapat diterima oleh kalangan luas.

Domain Id Sebagai Pilihan Domain Murah

Menurut pengalaman saya domain id bisa menjadi pilihan awal untuk memulai membangun sebuah blog yang menargetkan pengunjung nasional. Sebagai sebuah alamat yang menunjukkan isi blog kita domain id memiliki berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan budget kita sebagai blog pemula.

Berbagai pilihan domain id antara lain : .id, .net.id, .web.id, .sch.id, org.id, my.id, .biz.id, .net.id, .ac.id, .co.id, .ponpes.id, .desa.id. Berikut ini adalah berbagai pilihan domain .id yang bisa di sewa di registrar domain idwebhost. Data ini saya ambil dari IDwebhost

.ID

Harga berkisar di Rp 249.900,- belum termasuk ppn dan tidak ada persyaratan khusus.

.AC.ID

Domain ini untuk web atau blog akademik, universitas, perguruan tinggi dan sejenisnya. Harga sewa Rp 54.900,- belum termasuk ppn. Dengan persyaratan penhajuan domain sebagai berikut :
  • KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA)
  • SK Depdiknas/SK Depag Pendirian Lembaga Pendidikan Tinggi
  • Surat Kuasa Pimpinan Lembaga mengenai pendaftaran nama domain

.CO.ID

Domain ini untuk blog atau web komersial, badan usaha dan sejenisnya. Dengan harga sewa Rp 270.000,- belum termasuk ppn.

Syarat pengajuan untuk pengajuan domain .CO.ID
  • KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA)
  • Salah satu dari AKTA/SIUP/TDP/NPWP Perusahaan
  • Sertifikat Merek (bila ada)

.NET.ID

Bila kamu membuat blog atau web untuk penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi domain ini sangat cocok buat kamu. Dengan harga sewa pertahun berkisar di Rp 125.000,- belum termasuk PPN.

Berikut ini syarat pengajuan domain .NET.ID

  • KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA)
  • Surat Izin Prinsip/ Penyelenggaraan Usaha Bidang Telekomunikasi yang diterbitkan oleh Kementerian yang membidangi komunikasi dan informatika

.WEB.ID

Akhiran domain .web.id sangat cocok untuk blog / web pribadi atau komunitas. Dengan harga sewa domain pertahun sekitar Rp 54.900,- belum termasuk PPN. Untuk syaratnya pun cukup KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA).

.SCH.ID

Jika anda membuat blog atau website yang berhubungan dengan sekolah maka alamat domain dengan akhiran .SCH.ID menjadi pilihan yang tepat. Harga sewa domain pun cukup terjangkau bagi sekolah yaitu Rp 54.900,- pertahun.

Syarat pengajuan domain .SCH.ID yaitu :
  • KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA)
  • Surat kuasa
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Pimpinan Lembaga

.OR.ID

Domain ini digunakan untuk website atau blog organisasi. Jika kita membuat blog atau website untuk organisasi kita maka tidak ada salahnya jika kita memilih alamat domain dengan akhiran .OR.ID

Harga sewa pertahun untuk domain .OR.ID Rp 54.900,- belum termasuk PPN.

Syarat pengajuan domain .OR.ID :
  • KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA)
  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan

.BIZ.ID

Domain ini dapat digunakan oleh perusahaan skala mikro, kecil dan menengah dengan harga sewa per tahun Rp 54.900,- belum termasuk PPN. Syarat pengajuan untuk domain ini adalah KTP Republik Indonesia.

.MY.ID

Khusus buat anda yang memiliki blog personal, nama domain .MY.ID sangat cocok untuk anda. Harga sewa pertahun untuk domain ini adalah Rp 11.000,- belum termasuk PPN ( Promo ). Syarat untuk pengajuan sewa domain .MY.ID adalah KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA)

.PONPES.ID

Sesuai dengan namanya domain .PONPES.ID sangat cocok untuk pesantren. Harga sewa untuk domain ini pertahun Rp 54.900,- belum termasuk PPN.

Persyaratan pengajuan domain .PONPES.ID
  • KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA)
  • Surat Keterangan pimpinan Pondok Pesantren atau Pimpinan Lembaga
Demikian sedikit informasi mengenai domain .ID yang bisa anda pilih untuk alamat blog atau website anda. Saya sewa domain melalui IDwebhost dan saya mendapatkan layanan yang memuaskan, mudah dalam pengaturan DNS untuk blog saya dan juga layanan CS yang ramah.

Posting Komentar untuk "Domain .ID Sebagai Identitas Blog"